Home » » Install Linux Ubuntu 12.4 LTS Terbaru 07-02-2013

Install Linux Ubuntu 12.4 LTS Terbaru 07-02-2013

Install Linux Ubuntu 12.4 LTS

Linux merupakan OS(Operting System) yang bersifat terbuka (open source), OS ini gratis namun bukan berarti murahan, OS ini dikembangkan bersama oleh sekumpulan pecinta open source jadi bukan milik satu perusahaan saja seperti Microsoft, Apple, dsb.

Pada posting kali ini, Saya akan berbagi info cara instal OS linux Ubuntu 12.4 LTS. Silahkan ikuti toturialnya ya pembaca....


Yang harus pembaca punya sebelum melakukan instalasi Ubuntu terlebih adalah CD installernya, silahkan download Ubuntu 12.4 LTS. Setelah download, burn ke CD/ DVD pake aplikasi buat ngeburning terserah pembaca punya.

  1. Setelah selesai, masukan kembali CD tadi ke CD/DVD ROM, kemudian restart komputer
  2. Atur BIOS boot dari CD/DVD ROM.
  3. Maka akan muncul interface seperti ini:
  4.  Pilih instal Ubuntu, dan akan muncul pilihan :
    Centang kedua kotak, ini tujuannya untuk menginstal semua pembaruan ketika menginstal, yaitu pembaruan seperti, Music Player, Video Player dll, karena defaultnya ubuntu gak ada music playernya, jadi harus update sendiri lewat ubuntu software center.

    Anda juga harus memiliki minimal 4.5GB ruang kosong yang tersedia, jika tidak maka Anda tidak dapat dilanjutkan. jika di centang(untuk pembaruan) harus tersambung dengan internet, tapi jika gak ada koneksi, tidak dicentang juga gak papa. tetapi Anda tidak akan bisa mendapatkan update, atau sembarang paket bahasa yang mungkin anda butuhkan.
  5. Selanjutnya Anda bisa memilih cara untuk menginstal ubuntunya:
    Disini Saya menggunakan komputer yang masih kosong, belum ada Operating System lainnya, sehingga dapat memilih untuk menggunakan seluruh disk.

    Atau pembaca dapat menentukan partisi secara manual (Something Else). Dan juga dapat Memilih untuk Dual Boot atau menginstal bersama windows(jika komputer sudah terinstal windows). Ini akan Saya bahas pada pertemuan berikutnya (belum dicoba untuk dual boot). Yaitu pembaca akan disajikan dengan menu dengan pilihan untuk memilih sistem operasi setiap kali Anda menyalakan komputer Anda(jika dual boot).

    Jika sudah memilih cara penginstalan, Klik "Continue".
     
  6.   Lalu akan muncul layar konfirmasi, seperti ini:
    Klik "Install Now" untuk memulai instalasi.

    Anda akan ditanya beberapa pertanyaan dalam satu detik tentang di mana Anda, Siapa nama Anda, dan bagaimana Anda ingin komputer Anda mengatur. Ini adalah untuk pengaturan waktu, nama pengguna, dan folder home.

    Where are you?
    Pilih lokasi Anda dengan mengklik di peta. Hal ini untuk memilih zona waktu dan daerah pembaca.

    Keyboard Layout
    Pilih saja Defaultnya English(US) atau sesuaikan dengan keyboard pembaca.

    Who are You?
    Silahkan isi dengan memasukkan user name, nama pengguna, password sesuai yang anda inginkan.
    Setelah selesai mengisi, Klik "Continue".

    Silahkan tunggu dan nikmati tayangan slide tentang Ubuntu, semua gratis, full-versi software yang Anda miliki, dan seberapa besar itu adalah untuk menginstal Ubuntu 12,04 LTS (Precise Pangolin).
    Hingga akhirnya, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin LTS telah berhasil terinstal. Semoga info tutorial ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.
Salam,
Ripdal paputungan,
gorontalo, gorontalo
ripnaktkj@yahoo.co.id
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripnak TKJ Paputungan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger